Perintah Hide Objects Dan Isolate Di AutoCAD

Perintah Hide objects dan isolate di autocad

Pada kali ini saya akan menjelaskan tentang fungsi perintah HIDE OBJECT  dan ISOLATE di autocad, fungsi HIDE OBJECTS ini cara kerjanya adalah menghilangkan objek pada area gambar. Saya biasa menggunakan perintah ini pada saat memodifikasi objek 3D pada autocad.
Penggunaanya sangat sederhana dan sangat membantu pada ingin menggunakan perintah – perintah 3D mungkin kebanyakan orang yang sedang belajar autocad tidak banyak yang tahu perintah isolate hideo object ini,jika kawan – kawan menggunakan workspace autocad classic kawan – kawan  bisa menemukan perintah isolate di menu bar TOOl >> ISOLATE >> HIDE OBJECTS. Disini saya menggunakan  2012 dan saya tidak tahu apakah perintah ini ada pada autocad versi sebelumnya. Dan perintah isolate ini akan terasa kegunaannya jika pada Visual style conceptual.
Untuk contoh kita akan membuat dinding yang ingin dilubangi dengan pintu dan jendela



Gambar diatas menggunakan rectang jangan menggunakan line karena kita akan menggunakan extrude untuk membuat objek 3d nya.
Selanjutnya ubah tampilan view anda menjadi isometric agar lebih mudah pada saat menggunakan perintah extrude.



Kemudian rubah visual style menjadi conceptual
Command: VS VSCURRENT
Enter an option
[2dwireframe/Wireframe/Hidden/Realistic/Conceptual/Shaded/shaded with
Edges/shades of Gray/SKetchy/X-ray/Other] <2dwireframe>: C

Gunakan perintah exrude pada rectang untuk dinding. Perhatikan gambar dibawah.



Jika sudah di extrude maka objek 2D nya menjadi tak terlihat, disinilah fungsi HIDE OBJECTS akan terasa sangat dibutuhkan dari pada merubah tampilan visual style. Langkah selanjutnya kita akan menggunakan perintah HIDE OBJECTS dan extrude, silahkan perhatikan gambar dibawah



Dan untuk memunculkan kembali objek yang di hilangkan kita akan menggunakan perintah unisolate dan kemudian menggunakan perintah subtract untuk memotong bagian dinding.perhatikan gambar dibawah.



Bagaimana cukup mudah bukan, selanjutnya adalah perintah isolate, perintah ini adalah kebalikan dari perintah hide object, perintah isolate digunakan hanya untuk menampilkan objek yang dipilih dan menghilangkan objek yang tidak pilih. Saya sudah menggambar contoh untuk penggunaan perintah isolate ini. Silahkan anda perhatikan gambar dibawah




Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kawan – kawan yang sedang belajar autocad, bila ada yang kurang dimengerti silahkan tinggalkan komentar. Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan untuk saat ini. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment