Membuat Pulley 3D Di AutoCAD


Membuat pulley 3D di autocad

Artikel kali ini saya akan membahas cara pembuatan pulley 3 dimensi di autocad. Tutorial kali ini cukup mudah dicoba, silahka perhatikan dan baca baik – baik agar tidak terjadi kesalahan saat mencoba.



Jika kawan – kawan sudah bisa menggambar seperti gambar diatas tanpa tutorial silahkan lewat pada bagian menggambar objek 2 dimensinya, tetapi bagi kawan – kawan yang belum bisa silahkan ikuti commandline dibawah ini. Gunakan perintah polyline (masukan angka / huruf yang di bold pada commandline autocad)

Command: PL
PLINE
Specify start point: klik diarea gambar
Current line-width is 0.0000
Specify next point or [Arc/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @10<90
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @30<0
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @20<90
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @5<180
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @20<90
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @5<0
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @5<270
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @20<0
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @5<90
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @5<0
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @20<270
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @5<180
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @20<270
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @10<0
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @10<270
Specify next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: C

Jika tidak ada kesalahan dalam memasukan commandline maka akan seperti gambar dibawah ini



Selanjutnya kita gunakan perintah chamfer

Command: CHA
(TRIM mode) Current chamfer Dist1 = 0.0000, Dist2 = 0.0000
Select first line or [Undo/Polyline/Distance/Angle/Trim/mEthod/Multiple]: D
Specify first chamfer distance <0.0000>: 5
Specify second chamfer distance <5.0000>: 5
Select first line or [Undo/Polyline/Distance/Angle/Trim/mEthod/Multiple]: M
Select first line or [Undo/Polyline/Distance/Angle/Trim/mEthod/Multiple]: klik a1
Select second line or shift-select to apply corner or [Distance/Angle/Method]: klik a2
Select first line or [Undo/Polyline/Distance/Angle/Trim/mEthod/Multiple]: klik a3
Select second line or shift-select to apply corner or [Distance/Angle/Method]: klik a4
Select first line or [Undo/Polyline/Distance/Angle/Trim/mEthod/Multiple]: (enter)
Jika sudah maka gambar akan seperti dibawah ini




Selanjutnya gunkan perintah Fillet

Command: F
Current settings: Mode = TRIM, Radius = 0.0000
Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]:R
Specify fillet radius <0.0000>: 5
Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: M
Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: klik a1
Select second object or shift-select to apply corner or [Radius]: klik a2
Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: klik a3
Select second object or shift-select to apply corner or [Radius]: klik a4
Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: (tekan enter)


Jika sudah selanjutnya kita akan merubah objek gambar 2 dimensi tadi menjadi gambar 3 dimensi dengan perintah revolve, tapi sebelum di revolve silahkan gambar dahulu garis line sebagai garis bantu untuk penggunaan revolve. Perhatikan gambar dibawah.




Command: REV
REVOLVE
Current wire frame density:  ISOLINES=4, Closed profiles creation mode = Solid
Select objects to revolve or [MOde]: klik objek 2 dimensi
Select objects to revolve or [MOde]: tekan enter
Specify axis start point or define axis by [Object/X/Y/Z] <Object>: klik pada ujung garis line
Specify axis endpoint: seret dan klik sejajar dengan garis ujung line
Specify angle of revolution or [STart angle/Reverse] <360>: 360

Silahkan rubah tampilan visual style menjadi conceptual

Command: VS
VSCURRENT
Enter an option
[2dwireframe/Wireframe/Hidden/Realistic/Conceptual/Shaded/shaded with
Edges/shades of Gray/SKetchy/X-ray/Other] <2dwireframe>: C
 Rubah view menjadi isometric  pada menu bar VIEW >> 3D VIEWS >> SE ISOMETRIC



Cukup mudah bukan, jika masih ada yang belum mengerti silahkan tinggalkan komentar.
Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan untuk saat ini. Mohon maaf bila ada kesalahan  dalam penulisan dan arti. Terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment