Membuat
pulley 3D di autocad
Artikel
kali ini saya akan membahas cara pembuatan pulley 3 dimensi di autocad. Tutorial
kali ini cukup mudah dicoba, silahka perhatikan dan baca baik – baik agar tidak
terjadi kesalahan saat mencoba.
Jika
kawan – kawan sudah bisa menggambar seperti gambar diatas tanpa tutorial
silahkan lewat pada bagian menggambar objek 2 dimensinya, tetapi bagi kawan –
kawan yang belum bisa silahkan ikuti commandline dibawah ini. Gunakan perintah polyline
(masukan angka / huruf yang di bold pada commandline
autocad)
Command:
PL
PLINE
Specify
start point: klik diarea
gambar
Current
line-width is 0.0000
Specify
next point or [Arc/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @10<90
Specify
next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @30<0
Specify
next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @20<90
Specify
next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @5<180
Specify
next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @20<90
Specify
next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @5<0
Specify
next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @5<270
Specify
next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @20<0
Specify
next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @5<90
Specify
next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @5<0
Specify
next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @20<270
Specify
next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @5<180
Specify
next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @20<270
Specify
next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @10<0
Specify
next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: @10<270
Specify
next point or [Arc/Close/Halfwidth/Length/Undo/Width]: C
Jika
tidak ada kesalahan dalam memasukan commandline maka akan seperti gambar
dibawah ini
Selanjutnya
kita gunakan perintah chamfer
Command: CHA
(TRIM mode) Current chamfer Dist1 = 0.0000, Dist2 =
0.0000
Select first line or
[Undo/Polyline/Distance/Angle/Trim/mEthod/Multiple]: D
Specify first chamfer distance <0.0000>: 5
Specify second chamfer distance <5.0000>: 5
Select first line or
[Undo/Polyline/Distance/Angle/Trim/mEthod/Multiple]: M
Select first line or
[Undo/Polyline/Distance/Angle/Trim/mEthod/Multiple]: klik a1
Select second line or shift-select to apply corner or
[Distance/Angle/Method]: klik a2
Select first line or [Undo/Polyline/Distance/Angle/Trim/mEthod/Multiple]:
klik a3
Select second line or shift-select to apply corner or
[Distance/Angle/Method]: klik a4
Select first line or
[Undo/Polyline/Distance/Angle/Trim/mEthod/Multiple]: (enter)
Jika
sudah maka gambar akan seperti dibawah ini
Selanjutnya
gunkan perintah Fillet
Command: F
Current settings: Mode = TRIM, Radius = 0.0000
Select first object or
[Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]:R
Specify fillet radius <0.0000>: 5
Select first object or [Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]:
M
Select first object or
[Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]:
klik a1
Select second object or shift-select to apply corner
or [Radius]: klik a2
Select first object or
[Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: klik
a3
Select second object or shift-select to apply corner
or [Radius]: klik a4
Select first object or
[Undo/Polyline/Radius/Trim/Multiple]: (tekan
enter)
Jika sudah selanjutnya kita akan
merubah objek gambar 2 dimensi tadi menjadi gambar 3 dimensi dengan perintah
revolve, tapi sebelum di revolve silahkan gambar dahulu garis line sebagai
garis bantu untuk penggunaan revolve. Perhatikan gambar dibawah.
Command: REV
REVOLVE
Current wire frame density: ISOLINES=4, Closed profiles creation mode =
Solid
Select objects to revolve or [MOde]: klik objek 2 dimensi
Select objects to revolve or [MOde]: tekan enter
Specify axis start point or define axis by
[Object/X/Y/Z] <Object>: klik pada
ujung garis line
Specify axis endpoint: seret dan klik sejajar dengan garis ujung line
Specify angle of revolution or [STart angle/Reverse]
<360>: 360
Silahkan
rubah tampilan visual style menjadi conceptual
Command: VS
VSCURRENT
Enter an option
[2dwireframe/Wireframe/Hidden/Realistic/Conceptual/Shaded/shaded
with
Edges/shades of Gray/SKetchy/X-ray/Other]
<2dwireframe>: C
Rubah view menjadi isometric pada menu bar VIEW >> 3D VIEWS >> SE ISOMETRIC
Cukup
mudah bukan, jika masih ada yang belum mengerti silahkan tinggalkan komentar.
Mungkin
hanya ini yang bisa saya bagikan untuk saat ini. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan dan arti. Terimakasih telah berkunjung
dan semoga bermanfaat.
0 komentar:
Post a Comment