function basic in excel ( perintah dasar di microsoft excel )


Pada kali ini saya akan menulis artikel tentang rumus – rumus dasar / function di Microsoft excel, semoga dengan penulisan artikel ini dapat membantu kawan – kawan yang sedang belajar aplikasi Microsoft excel.
Langsung saja ke point intinya disini saya akan membahas tentang penggunaan rumus / formula / function excel (SUM,MIN,MAX, dan AVERAGE)
Perhatikan table dibawah




Untuk perhitungan (SUM,MIN,MAX , dan AVERAGE) saya menggunakan data diatas silahkan kawan – kawan ketik kembali di excel agar bisa mencoba formula excelnya.

1. SUM

Penggunaan function SUM harus lah anda perhatikan blok nya untuk nilai dan sebelum penulisan diberi tanda sama dengan ( = ). dan SUM biasanya digunakan untung menghitung nilai keseluruh atau nilai jumlah dari variable kolom atau baris
Contoh penulisan pada kolom/baris:   =SUM(A1:A5)
= adalah perintah awal untuk menggunakan formula
SUM adalah function untuk menjumlahkan nilai
(A1:A5) adalah nama kolom / baris
Dalam penulisan tidak menggunakan spasi
Perhatikan gambar gif dibawah



Disini saya untuk menuliskan kolom atau baris dengan cara mendrag mouse agar lebih cepat dalam penulisan, dan jika sulah selesai menulis formula dan alamat kolom atau baris silahkan dienter

2. MIN

MIN digunakan untuk mengetahui nilai terkecil, karena saya menggunakan data penghasilan maka yang akan muncul adalah gaji terkecil. Untuk penggunaan MIN sama dengan penulisan  function pada SUM.
Perhatikan gambar gif dibawah



3. MAX

Max adalah pfunction untuk memunculkan nilai terbesar lawan dari perintah MIN, untuk penggunaan MAX masih sama dengan penggunaan perintah SUM dan MIN.
Perhatikan gambar gif dibawah



4. AVERAGE

AVERAGE adalah function untuk memunculkan nilai rata – rata, average biasa sering digunakan oleh para guru untuk menghitung nilai rata – rata murid. Cara penggunaannya sama dengan function – function diatas hanya berbeda penulisan saja.
Perhatikan gambar gif dibawah



Bagaimana mudah bukan, dengan function tersebut kita bisa mengetahui nilai atau gaji jumlah selama satu tahun, minimal gaji yang diterima, maksimal gaji yang diterima, dan rata – rata gaji perbulan, untuk kali ini saya sudahi dahulu tutorial dasar Microsoft excel ini semoga artikel ini bermanfaat bagi para pengunjung blog ini khususnya bagi yang sedang belajar. Mohon maaf bila ada kesalahan penulisan dan arti, terima kasih telah berkunjung.

0 komentar:

Post a Comment