Tutorial Dasar Editing Path INKSCAPE


Pada kali ini saya akan share tentang salah satu tutorial di aplikasi INKSCAPE. Mungkin bagi kawan – kawan yang sedang belajar tentunya sudah tahu apa itu INKSCAPE,Aplikasi ini sangat lah nyaman untuk design grafis bagi laptop yang low spek ditambah aplikasi ini juga open source,fitur – fitur nya pun lumayan banyak. Saya sendiri sudah menggunakan 3 tahun untuk projek – projek kecil terkait design grafis. Untuk kali ini saya akan menjelaskan tentang editing path di inkscape
Ini yang akan saya bahas



Gambar diatas adalah terdapat icon serta nama fungsi dan shortcut key board. Gambar diatas bisa kawan – kawan temukan di MENU BAR >> PATH

1. UNION (CTRL + +)

Fungsi dari union ini untuk menggabungkan kedua objek path / objek gambar. Untuk menggunakan fungsi ini saya aka menggunakan contoh gambar lingkaran dan kotak seperti gambar dibawah



Jika sudah Menggambar kedua objek diatas silahkan selection atau klik kedua gambar tersebut dengan bantuan menekan tombol SHIFT pada keyboard.
Kemudian tekan CTRL + Plus (+)
Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah



Biasanya saya menggunakan UNION ini untuk menggabungkan beberapa objek seperti menggambar bunga,perhatikan gambar dibawah



Pada gambar diatas terlihat perbedaan pada STROKE (Garis tepi) jika sudah di union maka STROKE pun akan ikut pada objek yang sudah di union,gambar diatas saya hanya menggambar objek lingkaran yang di copy sebanyak 5 buah.dan untuk yang diunion hanya objek lingkaran yang berwarna merah saja.

2. DIFFERENCE (CTRL + -)

Fungsi dari difference ini adalah untuk memotong objek,akan tetapi pada fungsi ini kawan – kawan harus memperhatikan posisi objek yang di atas (top) dan dibawah (bottom),disini saya menggambar 2 contoh untuk penggunaan difference
Perhatikan gambar dibawah ini



Dari gambar diatas untuk yang pertam buat lingkaran merah dibawah kotak warna biru dan gambar yang satunya kebalikan dari gambar pertama. Klik pada objek yang akan di difference kemudian tekan CTRL + Minus (-) maka hasilnya seperti gambar dibawah. Karena gambarnya ada 2 makan lakukan 2 kali difference untuk selecton jangan lakukan ke semua objek



Maka hasil dari difference akan berbeda sesuai pada posisi objek. Kurang lebihnya objek akan terpotong oleh objek yang paling atas.
Fungsi ini sering saya gunakan pada saat ingin membuang bagian yang tidak diinginkan pada saat membuat vector




3. INTERSECTION (CTRL + *)
Fungsi dari intersection adalah memotong dari 2 objek gambar akan tetapi gambar yang dihasilkan adalah gambar yang bersentuhan dari gambar tersebut. Fungsi ini paling sering saya gunakan di inkscape. Langsung saja perhatikan gambar dibawah



Langkah dalam pernggunaan fungsi ini sama dengan union dan difference, hanya saja shortcut nya saja yang berbeda yaitu CTRL + Bintang (*) contoh yang sering saya gambar dan menggunakan fungsi intersection. Agar lebih mudah dimengerti saya akan menggunakan gambar GIF



Jika kedua objek sudah dipilih atau selection kemudian tekan CTRL + *,maka gambar akan terpotong seperti gambar diatas.

4. EXCLUSION (CTRL + ^)

Fungsi exclusion adalah kebalikan dari INTERSECTION. Jika kawan – paham penggunaan intersection maka exclusion pun pasti sudah dimengerti, biasanya fungsi ini saya sering gunakan dalam pembuatan logo.



Contoh lain penggunaan exclusion



5. DIVISION (CTRL + /)

Fungsi division adalah untuk memotong objek bottom tanpa menghapus objeknya. Agar lebih jelas perhatikan gambar dibawah



Yang terhapus adalah objek pemotongnya saja tapi bagian yang sidah di division langsung bisa dipisahkan. Cara Penggunaannya dengan fungsi – fungsi editing path diatas. Contoh lain DIVISON



Untuk penggunaan DIVISION diatas dilakukan 2 kali dengan selection kotak dan lingkaran. Jika sudah menggunakan DIVISON pindahkan objek sesuai dengan yang diinginkan agar gambar menjadi pas untuk dilihat.

6. CUT PATH (CTRL + ALT+ /)

 Fungsi ini tidak adalah untuk memotong garis objek. Saya jarang menggunakan fungsi ini, akan tetapi mungkin bagi kawan – kawan akan lebih berguna untuk menggambar. Perhatikan contoh dibawah



Untuk CUT PATH ini saya tidak bisa menjelaskan terlalu banyak, yang terpenting kurang lebih fungsi nya seperti gambar di atas.
Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan untuk kali ini. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan dan arti, semoga artikel ini bisa membantu khususnya bagi kawan – kawan yang sedang belajar aplikasi INKSCAPE,jika tidak ada yang mengerti silahkan tinggalkan komentar. Terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

1 comment: