Merubah arrow dan text dimension di autocad


Merubah arrow dan text dimension di autocad
Artikel kali ini saya akan membahas cara merubah ukuran arrow dan text dimension pada autocad.
Mungkin hanya beberapa cara yang saya tahu dan saya akan coba share pada artikel ini,dalam tutorial ini saya menggunakan AutoCAD 2016. Langsung saja silahkan perhatikan.

1. Merubah ukuran Text dimension
Sebagai contoh disini saya membuat gambar 3 kotak dengan perintah rectangle 100x100,



Kotak yang pertama saya akan  beri ukuran 5
Kotak yang kedua saya akan  beri ukuran 7
Kotak yang ketiga saya akan  beri ukuran 10
Pertama gunakan dahulu perintah DIMTXT, kemudian gunakan perintah DIMLIN. Perhatikan gambar gif dibawah ini.



Command: DIMTXT (enter)
Enter new value for DIMTXT <20.0000>: 5 (enter)
Command: DIMLIN (enter)
DIMLINEAR
Specify first extension line origin or <select object>: (enter)
Select object to dimension: pilih objek kotak pertama

Kemudian lakukan kembali langkah diatas untuk kotak yang kedua dan ketiga dengan mengubah angka textnya,jika kurang mengerti silahkan perhatikan gambar gif dibawah ini.




2. Merubah Arrow dimension
Untuk merubah ukuran arrow dimension langkah – langkahnya sama dengan merubah text dimension,hanya saja command yang digunakan menggunakan DIMASZ,langsung saja perhatikan gambar dibawah



Gambar yang telah di zoom



3. Dimension style manager
Cara ini sering saya gunakan untuk merubah ukuran arrow dan text dimension karena dengan perintah ini saya tidak perlu mengulang perintah untuk merubah ukuran.Command singkat dimension style manager dalah DIMSTY / D
Untuk penggunaanya silahkan ketikan D kemudian tekan enter.
Maka akan muncul tampilan seperti dibawah



Untuk merubah text lihat gambar dibawah



Untuk merubah arrow dimension




Jika sudah merubah ukuran pada dimension style manager langkah selanjutnya silahkan kawan – kawan gunakan perintah DIMLIN atau perintah dimension yang lainnya untuk memberikan dimension pada objeknya.
Jika masih kurang paham perhatikan gambar gif dibawah ini untuk penggunaan dimension style



Bagaimana cukup mudah bukan,mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan untuk saat ini, semoga bisa membatu bagi yang sedang belajar software AutoCAD. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dan mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan dan arti.

Terima kasih telah berkunjung.





0 komentar:

Post a Comment