Command / Perintah Box Di AutoCAD


Padartikel kali ini saya akan membahas salah satu perintah modeling 3d pada autocad yaitu perintah BOX, seperti yang kita ketahui dan sesuai namanya perintah BOX ini dapat membuat objek 3d seperti kubus dan persegi. Jikan kawan – kawan mencari icon BOX pada autocad bisa dengan cara memunculkan toolbar MODELING dan di menu bar ada pada DRAW >> MODELING >> BOX
Toolbar Modeling



Menu bar



Untuk cara menggunakannya kawan – kawan bisa mengklik icon box atau punmenggunakan perintah langsung dengan mengetikan BOX.
Disini saya akan bahas 3 cara / metode membuat box.di autocad .

tetapi sebelum kawan - kawan menggunakan perintah BOX silahkan ubah dahulu view menjadi isometris dengan cara mengetik DDVPOINT




atau dengan  cara mengklik VIEWCUBE seperti gambar dibawah






1. Menggunakan klik mouse
*Catatan =  cara ini bisa kawan – kawan gunakan jika dalam pembuatannya sudah memiliki garis bantu dan tepi objek / titik objek lain. Saya menggunakan cara ini hanya untuk contoh saja dalam tutorial ini.
Silahkan perhatikan gambar dibawah






(klik kiri mouse 3 kali sesuai dengan arah yang ditujukan)
Cara pertama termasuk cara tercepat dalam pembuatan kubus / persegi 3 dimensi akan tetapi saya tidak merekomendasikan jika kawan – kawan menggambar dengan cara ini jika tidak memiliki garis bantu, karana didalam gambar CAD sebuah gambar harus memiliki dimensi / ukuran agar sesuai gambar dengan objek yang dibuat nyata.


2. Menggunakan syntac / mengetik perintah
Perhatikan gambar dibawah

KUBUS
PERSEGI 



Cara ini sangat saya rekomendasikan karena kubu atau persegi yang kita buat memiliki ukuran sesuai dengan satuan yang kita gunakan.
Syntac

Kubus
Command: BOX (enter)
Specify first corner or [Center]: klik diarea gambar
Specify other corner or [Cube/Length]: 10,10,10 (enter)

Persegi
Command: BOX (enter)
Specify first corner or [Center]: klik diarea gambar
Specify other corner or [Cube/Length]: 10,20,10 (enter)

Dimensi atau ukuran dapat kawan – kawan rubah sesuai yang diinginkan.

3. Cara center/cube
Untuk cara yang ke 3 sebenarnya sama saja dengan yang pertama hanya saja perbedaan nya pembuatan objek nya tidak menggunakan titik ujung melainkan titik tengah objek dan cara ini hanya bisa untuk membuat kubus.
Perhatikan gambar dibawah



Command: BOX (enter)
Specify first corner or [Center]: C (enter)
Specify center: klik diarea gambar
Specify corner or [Cube/Length]: C (enter)
Specify length <10.0000>: 10 (enter)

Bagaimana cukup mudah bukan, mungkin akan ada banyak bagi kawan – kawan yang membaca artikel ini.

1. Rumitnya tutorial blog ini?
2. Kenapa banyak cara dalam 1 perintah?

Untuk jawaban yang pertama, dalam artikel ini sengaja saya buat secara seperti ini karena mungkin bisa jadi wawasan baru dan harapan saya lebih memahami tentang fungsi dalam perintah / command pada autocad khususnya bagi yang sedang belajar software ini.

kedua semoga dengan penjabaran yang saya jelaskan di artikel ini semoga dapat membuat kawan – kawan lebih cepat dalam menggambar karena lain metode lain peruntukan sepengalaman saya pada saat dapat pekerjaan gambar. Contoh seperti menggunakan perintah  CIRCLE (TTR).

Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan untuk saat ini, semoga artikel ini dapat membantu bagi kawan – kawan yang sedang belajar. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan dan arti, terima kasih telah berkunjung di blog ini.
Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. mas buat animasi pake apa, dan bisa rapi gitu ya keren lanjutin mas tutorialnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu gambar GIF mas,saya pake aplikasi LICEcap.
      terima kasih sudah berkunjung.

      Delete