Cara import file inkscape ke autocad

Cara import file inkscape ke autocad

Kali ini saya akan membagikan cara Cara import file inkscape ke autocad, sebelum memulai mungkin saya akan menjelaskan terlebih dahulu cara ini berlaku untuk software design grafis seperti CorelDraw dan Adobe illustrator tetapi disini saya akan menggukan inkscape untuk menggambar file nya yang akan di import ke autocad, biasanya saya menggunakan cara ini untuk membuat komponen atau bagian – bagian yang gambar sketch nya susah digambar menggunakan autocad.

Ok langsung saja silahkan perhatikan.

Disini saya sudah mendownload gambar SVG dari Link dibawah.


 



Silahkan buka di software inkscape kemudian kita akan tampilkan bagian path nya saja,perhatikan cara dibawah








Mohon untuk di ingat gambar path jangan melebihi garis kotak / page gambar,karena dijika melibihi garis tersebut maka file tidak bisa di save, silahkan lakukan Resize sehingga tidak melebihi garis kotak / page area gambar

Selanjutnya kita akan save gambar ke file DXF agar bisa di buka oleh software autocad.

Silahkan pilih save as pada menu bar FILE

beri nama file dan pilih save as type dengan file format DXF kemudian klik save seperti gambar di atas,setelah itu akan muncul dialog box seperti gambar dibawah.

Silahkan centang pada use ROBO – Master Type dan gunakan Base unit dengan PT kemudian klik OK.

 

Jika langkah – langkah di atas sudah selesai silahkan buka aplikasi autocad.




 

Jika sudah dibuka diaplikasi maka akan terlihat seperti gambar di atas, harap diperhatikan setiap garis lengkung gambar yang dihasilkan dari aplikasi inkscape atau software grafis lainnya biasanya terbaca diautocad adalah garis SPLINE dan garis lurus adalah LINE maka dari itu kita masih belum bisa menggunakan perintah PRESSPULL untuk menghasilkan objek 3D yang solid karena jikan digunakan akan menjadi objek surface. Maka dari itu disini saya akan mengkonvertnya terlebih dahulu menjadi garis POLYLINE. Perhatikan gambar GIF dibawah.


 

Untuk Commannya bisa lihat dibawah ini :

 

Command: SPE (enter)

SPLINEDIT

Select spline:

Enter an option [Close/Join/Fit data/Edit vertex/convert to Polyline/Reverse/Undo/eXit] <eXit>: J (enter)

Select any open curves to join to source: all (enter)

24 found

Select any open curves to join to source: (enter)

22 objects joined to source, 1 object discarded from the operation

Enter an option [Close/Join/Fit data/Edit vertex/convert to Polyline/Reverse/Undo/eXit] <eXit>: P (enter)

Specify a precision <5>: 5 (enter)

 

Jika sudah melakukan langkah diatas maka objek tadi sudah berubah menjadi POLYLINE dan kita bisa menggunakan PRESSPUL untuk membuat objek 3D, untuk nilai Precision bisa kita isi dengan nilai 1 sampai dengan 10, semakin besar nilai dari precision maka semakin halus pada bagian lengkungan objek akan tetapi semakin berat pula computer kita memprosesnya, maka dari itu saya menggunakan nilai sebesar 5 pada precisionnya.

Langkah selanjutnya saya akan menggunakan perintah PRESSPULL, silahkan perhatikan



 

Saya rasa tutorial ini cukup mudah untuk di ikuti. Saya biasa menggunakan cara ini untuk membuat bentuk ornament pada pagar, loster, plafon dll. Karena saya tidak terlalu mahir menggunakan perintah SPLINE pada AUTOCAD, Bagi yang masih ada kesalahan dalam mencoba tutorial ini, silahkan baca kembali langkah – langkahnya atau tinggalkan komentar dibawah. Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan untuk saat ini semoga artikel ini membantu bagi kawan – kawan yang sedang belajar Software Autocad, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment