Cara Membuat Ban 3D di AutoCAD - part 2

Cara membuat ban 3d di AutoCAD part 2

CoretanCAD.blogspot.com


Artikel ini adalah bagian lanjutan ke 2, bagi anda atau kawan – kawan yang langsung membuka ke link ini saya sarankan untuk membuka link bagian pertama, klik dibawah ini.


langsung saja kita lanjutkan,jika di part 1 anda sudah membuat sketch 2 dimensi sekarang di part 2 kita akan menggunakan perintah untuk 3 dimensi.
Perhatikan gambar dibawah ini



Gunakan perintah mirror untuk mengcopy objek kemudian perintah revolve untuk merubah menjadi 3 dimensi.
REVOLVE 1 masukan angle 360
REVOLVE 2 masukan angle 3
Selanjutnya saya menggunakan perintah Subtract untuk membuat tread tengah pada ban tetapi saya rubah dahulu tampilan autocad menjadi conceptual dengan perintah VSCURRENT (VS)
Silahkan perhatikan gambar dibawah




Selanjutnya saya akan memperbanyak objek dengan menggunakan perintah ARRAYCLASIC,tapi sebelumnya saya akan merubah dahulu posisi objek menjadi seperti gambar dibawah



Kemudian gunakan perintah UCS

Command: UCS
Current ucs name:  *WORLD*
Specify origin of UCS or [Face/NAmed/OBject/Previous/View/World/X/Y/Z/ZAxis]
<World>: V (enter)

perhatikan gambar dibawah ini untuk penggunaan ARRAYCLASSIC



Jika gambar GIF diatas terlalu cepat pada penggunaan ARRAYCLASSIC silahkan ikuti langkah – langkah yang sesuai no urut dibawah ini


1. Setelah di klik icon pada no satu silahkan pilih objek yang akan diperbanyak
2. Pilih center point (klik pada ujung garis seperti gambar GIF diatas)
3. Masukan jumlah item sebanyak 22
4. Klik OK jika sudah selesai

Dan untuk tahap akhir saya gunakan perintah subtract untuk membuat tread pada ban
Silahkan perhatikan gambar dibawah



Bagaimana cukup mudah bukan



Akan lebih bagus jika anda menggunakan tampilan render



gambar yang lain
CoretanCAD.blogspot.com


Silahkan anda ulangi kembali agar terbiasa.

Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan untuk saat ini, semoga bagi kawan – kawan yang baru belajar Autocad blog ini bisa dijadikan referensi,mohon maaf bila ada kesalahan kata kata dan arti dari penggunaan pada perintah.
terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. SETELAH DI ARRAY, KO BAN MALAH GA MAU DI SUBSTRAC YA GAN..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya kalau menggunakan perintah array biasa di autocad 2012 ke atas itu harus di explode dulu kalau mau di trim,copy, dll, soalnya dia bakalan jadi group. saya sarankan gunakan array classic spaya setelah di aray ga usah di explode lagi. maaf baru dibalas, makasih sudah berkunjung dan berkomentar

      Delete