Cara Membuat Ban 3D di AutoCAD

Cara membuat ban 3d di AutoCAD

CoretanCAD.blogspot.com


Artikel kali ini saya akan membahas tutorial membuat ban di autocad dengan cara yang saya bisa,namun sebelum saya memulai tutorial  ini saya akan menjelaskan terlebih dahulu, bahwa ukuran – ukuran yang ada pada artikel ini hanya berdasarkan spekulatif atau kira – kira saja bukan dengan pada ukuran objek yang sebenarnya. Karena tutorial ini diperuntukan bagi kawan – kawan yang sedang belajar,menambah pengetahuan dan mencari trik dalam pembuatan objek 3 dimensi di autocad. Disini saya mengunakan langkah – langkah dengan menggunakan gambar GIF agar kawan – kawan dapat lebih mudah dan mengerti mengikuti setiap langkah – langkah tutorialnya. Maka dari itu saya buat tutorial ini dengan beberapa part agar gambar GIF bisa dimunculkan jika ada yang memiliki koneksi yang kurang baik.
Ok kita langsung saja
Langkah pertama buka dahulu aplikasi autocad anda.
Kita akan membuat sketch 2 dimensi perhatikan gambar dibawah



Untuk ukuran circle adalah radius 40
Untuk line 1 klik pada kedua quadran lingkaran
Untuk line 2 masukan @25<225
Untuk line 3 masukan @200<270
Untuk selanjutnya saya akan membuat lingkaran dengan radius 25 dan garis polyline
Perhatikan gambar dibawah ini





Selanjutnya guakan perintah mirror untuk mengcopy objek dan perintah trim untuk memotong,untuk perintah trim agar tidak terjadi kesalahan dalam selection silahkan anda lakukan seperti pada gambar dibawah ini.



Untuk penggunaan perintah trim silahkan anda tekan enter 2x lalu pilih bagian yang ingin di potong.
Setelah di potong kemudian hapus kedua garis bantu dan gunakan perintah POLYLINE EDIT (PEDIT) untuk menggabungkan seluruh garis dan gunakan perintah extend untuk menutup garis perhatikan gambar dibawah ini



Jika anda tidak mengerti dalam penggunaan pedit saya akan menjelaskan sedikit perhatikan commandline dibawah ini

Command: PEDIT
Select polyline or [Multiple]: pilih salah satu objek garis (enter)
Object selected is not a polyline
Do you want to turn it into one? <Y>  (enter)
Enter an option [Close/Join/Width/Edit vertex/Fit/Spline/Decurve/Ltype
gen/Reverse/Undo]: pilih join atau ketik huruf J (enter)
Select objects: blok area garis atau klik garis yang ingin digabungkan
Select objects: (enter)
0 segments added to polyline
Enter an option [Close/Join/Width/Edit vertex/Fit/Spline/Decurve/Ltype
gen/Reverse/Undo]: (enter)

dan untuk perintah extend penggunaannya sama dengan trim yaitu dengan menekan enter 2x setelah mengetik perintah.
Selanjutnya saya akan buat sebuah lingkaran dengan radius 38 dan sebuah rectang dengan ukuran 2x10 dan segitiga dengan menggunakan perintah line. Perhatikan gambar dibawah ini.



Untuk ukuran line silahkan masukan command seperti dibawah ini
Command: LINE
Specify first point: klik pada ujung garis (enter)
Specify next point or [Undo]: @60<100 (enter)
Specify next point or [Undo]: @60<225 (enter)
Specify next point or [Close/Undo]: c (enter)

Selanjutnya saya akan menggunakan perintah trim untuk memotong garis yang tidak diperlukan dan kemudian garis digabungkan dengan perintah polyline edit seperti gambar dibawah ini



Jika anda sudah menyelesaikan objek seperti gambar di atas maka saya ucapkan selamat, tetapi jika hasil berbeda dengan gambar di atas maka ada kesalahan dalam perintah yang anda gunakan, silahkan anda baca dengan seksama langkah – langkah yang sudah saya tulis di atas. untuk tutorial part 1 ini saya sudahi dahulu,bagi anda yang baru belajar jika anda perokok maka merokok lah terlebih dahulu agar lebih relax, tetapi jika masih semangat silahkan klik link dibawah ini untuk lanjutannya.



Terima kasih atas kunjungannya.

1 comment:

  1. Jaka Victoria
    jakavictoria@student.ppns.ac.id
    Jangan lupa kunjungi ppns.ac.id dan jakjak27.wordpress.com
    Postingannya sangat bermanfaat. Terima kasih

    ReplyDelete