Perintah / Command Mirror Di AutoCAD

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang penggunaan perintah mirror, mirror adalah salah satu perintah dari toolbar modify yang berfungsi menggandakan objek 2 dimensi dan 3 dimensi,saya pribadi sering menggunakan perintah ini untuk menggandakan objek tanpa harus memutarkan (rotate) arah objek tersebut.
Silahkan perhatikan
Pertama – tama saya akan membuat objek terlebih dahulu.disini saya menggunakan objek segitiga dengan perintah polygon.

Command: POLYGON
Enter number of sides <3>: 3
Specify center of polygon or [Edge]: klik diarea gambar
Enter an option [Inscribed in circle/Circumscribed about circle] <I>: enter
Specify radius of circle: 100

Kemudian saya offset dengan trhough 10

Command: OFFSET
Current settings: Erase source=No  Layer=Source  OFFSETGAPTYPE=0
Specify offset distance or [Through/Erase/Layer] <Through>: 10
Select object to offset or [Exit/Undo] <Exit>: klik objek segitiga
Specify point on side to offset or [Exit/Multiple/Undo] <Exit>: klik diluar objek segitiga
Select object to offset or [Exit/Undo] <Exit>: enter

jika benar maka gambar seperti contoh dibawah ini



Selanjutnya kita gunakan mirror
Objek yang saya akan gandakan adalah objek segitiga yang kecil dengan garis bantu objek segitiga yang besar.
Perhatikan gambar gif dibawah ini



Bagaimana cukup mudah bukan,agar lebih mengerti saya beri contoh lain dengan objek yang berbeda. Silahkan perhatikan lagi




Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan untuk saat ini semoga bisa membantu bagi kawan – kawan yang sedang belajar autocad,sekian dari saya mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan dan arti.semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment