Membuat TEXT 3D Di AUTOCAD

MEMBUAT TEKS 3D AUTOCAD

Pada tutorial ini saya menggunakan AutoCAD 2012, mungkin untuk versi AutoCAD dibawah 2012 saya tidak tahu adak atau tidaknya command untuk tutorial ini. Ok langsung saja.
Pertama tama kita gunakan command teks

Command : Text

Kemudian klik diarea gambar maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.


Silahkan pilih Font yang diingin,disini saya menggunakan ARIAL BLACK (disarankan untuk memilih teks yang tebal),kemudian ukuran font saya gunakan 20 dengan teks CORETANCAD,jika sudah klik OK
Kemudian gunakan command TXTEXP

Command: TXTEXP
Select text to be EXPLODED:
Select objects: klik object text
Select objects: tekan enter
1 text object(s) have been exploded to lines.
The line objects have been placed on layer 0.

Maka hasilnya



Lalu kita explode kembali untuk memisahkan garis yang menyatu.

Command: EXPLODE
Select objects: all
Select objects: tekan enter

Selanjutnya silahkan hapus garis yang tidak perlu hingga seperti gambar dibawah ini



Kemudian rubah pandangan  menjadi isometric dan Terakhir silahkan bisa gunakan command presspull untuk merubah menjadi gambar 3D.



hasilnya



Bagaimana cukup mudah bukan ,Agar lebih menarik bisa tambahkan material lalu dirender seperti dibawah ini.



Silahkan ulangi lagi dari awal agar hapal langkah – langkah pembuatan teks 3d di autocad,mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan untuk saat ini,mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan dan arti,terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.



0 komentar:

Post a Comment